1.1 Pengertian
TIK
Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) memuat semua
teknologi yang berhubungan dengan penanganan informasi. Penanganan ini meliputi
pengambilan, pengumpulan, pengolahan, penyimpanan, penyebaran, dan penyajian
informasi. Jadi, TIK adalah teknologi yang berhubungan dengan pengambilan,
pengumpulan, pengolahan, penyimpanan, penyebaran, dan penyajian informasi.
Ditinjau dari susunan katanya, teknologi informasi dan
komunikasi tersusun dari 3 (tiga) kata yang masing-masing memiliki arti
sendiri. Kata pertama, teknologi, berarti pengembangan dan aplikasi dari alat,
mesin, material dan proses yang menolong manusia menyelesaikan masalahnya.
Istilah teknologi sering menggambarkan penemuan alat-alat baru yang menggunakan
prinsip dan proses penemuan saintifik.
Kata kedua dan ketiga, yakni informasi dan komunikasi,
erat kaitannya dengan data. Informasi berarti hasil pemrosesan, manipulasi dan
pengorganisasian sekelompok data yang memberi nilai pengetahuan (knowledge) bagi penggunanya.
Komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari
satu pihak kepada pihak lain agar terjadi hubungan saling mempengaruhi di
antara keduanya.
Jadi dapat di sumpulkan bahwa teknologi informasi dan
komunikasi adalah hasil rekayasa manusia terhadap proses penyampaian informasi
dan proses penyampaian pesan (ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain
sehingga lebih cepat, lebih luas sebarannya, dan lebih lama penyimpanannya.
Komponen utama komputer adalah komponen yang harus ada pada sebuah sistem
komputer, karena apabila salah satu komponen tidak ada maka sistem komputer pun
tidak akan berjalan dengan semestinya.
Komponen utama pada sistem komputer adalah :
a.Hardware
b.Software
c.Brainware
1.2 Contoh-contoh Hardware
a. Input
Masukan
(input) adalah perangkat keras yang berfungsi untuk memasukkan data atau
informasi ke dalam komputer.
- Keyboard : Memasukkan data atau informasi berupa angka dan huruf
- Mouse : Menggerakkan kursor untuk tujuan tertentu di komputer.
- Keyboard : Memasukkan data atau informasi berupa angka dan huruf
- Mouse : Menggerakkan kursor untuk tujuan tertentu di komputer.
b. Output
Keluaran
(output) adalah perangkat keras yang berfungsi untuk menghasilkan keluaran,
misalnya berupa gambar, tulisan, cetakan kertas dan suara.
-
Speaker : Menghasilkan keluaran
berupa suara.
-
Printer : Menghasilkan cetakan
kertas berupa gambar dan tulisan.
-
Monitor : Menghasilkan keluaran
berupa gambar dan tulisan.
c.
Pemroses
Pemroses
adalah otak dari komputer yang berfungsi mengolah atau memproses data masukan.
Processor terdapat pada CPU (Central
Processing Unit).
- Intel Pentium I s/d IV.
- Intel Celeron
- Intel Atom
- Intel Dual Core
- Intel Core 2 Duo
- AMD Duron dan Athlon
d.
Penyimpanan
Perangkat
penyimpan berfungsi untuk menyimpan data atau informasi berupa file-file.
- Harddisk :
perangkat penyimpan yang biasanya sudah tedapat di dalam komputer.
- Flashdisk :
perangkat penyimpan yang dapat di lepas dan pasang melalui port USB.
- Disket : perangkat
penyimpan yang dapat di lepas dan pasang melalui Floppy Drive.
- Memori Card :
perangkat penyimpan, biasanya terdapat pada handphone, kamera digital, dll.
- Eksternal Harddisk : perangkat penyimpan seukuran Harddisk,
namun bersifat portable.
1.3 Contoh-contoh Software
Software adalah perangkat lunak, yaitu sistem operasi dan
program-program aplikasi yang ter-install di dalam Hardware komputer. Komputer
tidak akan dapat bekerja tanpa adanya perangkat lunak.
a. Sistem
Operasi
Sistem
Operasi adalah perangkat lunak yang mengatur input dan output serta
mengendalikan perangkat keras.
-
DOS (Disk Operating System)
-
Windows
-
Unix
-
Linux
-
Free BSD
-
Macintosh
b.
Program Aplikasi
Program Aplikasi adalah program yang ter-install di dalam sistem operasi komputer yang memiliki fungsi tertentu.
Program Aplikasi adalah program yang ter-install di dalam sistem operasi komputer yang memiliki fungsi tertentu.
- Program
aplikasi pengolah kata : Wordpad,
Microsoft Word, Open.
- Program
aplikasi pengolah gambar : Paint, Corel Draw, Photoshop.
- Program
aplikasi pembuat presentasi : PowerPoint, Kpresenter.
- Program
aplikasi pengolah angka :
Excel, Kspread.
- Program
aplikasi pengolah database : Access.
- Bahasa Pemrograman : VB.NET, Pascal,
Delphi7
1.4 Contoh-contoh Brainware
Brainware adalah
manusia yang membuat, mengatur atau mengoperasikan perangkat Teknologi
Informasi dan Komunikasi. Hardware dan Software tidak akan berfungsi tanpa
adanya Brainware.
a. Programmer : orang yang bekerja membuat
program-program komputer untuk
keperluan tertentu.
b. Designer grafis : orang yang bekerja membuat desain
gambar.
c. Technical
Support : orang yang bekerja
memperbaiki sistem komputer yang rusak pada perangkat keras atau perangkat lunak.
e. Web Designer : orang yang bekerja mendesain
tampilan situs web di internet.
Operator : orang yang
mengoperasikan komputer untuk keperluan tertentu.
g. Tutor/guru/dosen : orang yang bekerja mengajarkan TIK
kepada peserta didik.
1.1 Perbedaan Perangkat-perangkat dari Jaman ke
Jaman
Teknlogi
di Zaman Dulu:
Sulit
untuk membayangkan pada 2000 - 5000 tahun yang lalu manusia telah mengenal
sistem elektronik, peradaban manusia di zaman dahulu memang terbukti sudah
sangat maju. Terbukti dengan temuan - temuan yang cukup mencengangkan. Dan
berikut adalah beberapa temuan yang membuktikan bahwa peradaban manusia di
zaman dahulu
1. Dendeera
Lamps
Dendera
Lamps merupakan sebuah relief yang ditemukan di kuil tepatnya di Mesir yang
menggambarkan seorang Pharaoh sedang menggenggam sebuah benda mirip dengan bola
lampu lengkap dengan penggambaran kabel beserta catu dayanya. Berarti dahulu
kala ilmuan kuno di mesir mencoba membuat alat penerangan canggih, yang berbentuk
bola lampu. Apakah benar gambar yang tertera di relief tersebut adalah bola
lampu, dan apakah bola lampu tersebut berhasil menyala ?? masih misteri.
Itulah beberapa teknologi yang berhasil diciptakan berabad-abad lalu. Baterai sendiri secara resmi ditemukan oleh John Travolta ditahun 1800, dan induksi elektromagnetik dan hukum elektrolisis ditemukan oleh Michael Faraday ditahun 1831. Kalau benar sekitar 2000 - 5000 tahun yang lalu sudah ada baterai atau bola lampu, berarti betapa majunya peradaban di zaman dahulu kala.
Itulah beberapa teknologi yang berhasil diciptakan berabad-abad lalu. Baterai sendiri secara resmi ditemukan oleh John Travolta ditahun 1800, dan induksi elektromagnetik dan hukum elektrolisis ditemukan oleh Michael Faraday ditahun 1831. Kalau benar sekitar 2000 - 5000 tahun yang lalu sudah ada baterai atau bola lampu, berarti betapa majunya peradaban di zaman dahulu kala.
2. Kalkulator kuno.
Pada 1901, penyelam di perairan pulau Antikythera, Greece menemui artifak berusia lebih 2,000 tahun dari sebuah runtuhan dasar laut. Artifak menyerupai jam itu dikaji penyelidik, Derek J De Solla Price dan didapati ia berfungsi sebagai kalkulator’ yang menghitung pergerakan bintang
Pada 1901, penyelam di perairan pulau Antikythera, Greece menemui artifak berusia lebih 2,000 tahun dari sebuah runtuhan dasar laut. Artifak menyerupai jam itu dikaji penyelidik, Derek J De Solla Price dan didapati ia berfungsi sebagai kalkulator’ yang menghitung pergerakan bintang
4. Reaktor nuklear berusia dua juta tahun.
Pada 1972,
sebuah reaktor uranium yang sudah wujud sejak dua juta tahun lalu ditemui di
Oklo di Republik Gabon, Afrika.
Kajian reka bentuk
dan struktur lombong purba itu mendapati ia dapat mengekang radioaktif daripada
tersebar malah teknologi reaktor dan kaedah digunakan pada zaman purba itu jauh
lebih canggih daripada kaedah reaktor nuklear digunakan pada zaman kini.
Penemuan itu menimbulkan persoalan sama ada manusia pada dua juta tahun lalu sudah menguasai teknologi atom dan menggunakan sumber nuklear sama ada sebagai sumber tenaga untuk kegunaan harian atau peperangan.
Penemuan itu menimbulkan persoalan sama ada manusia pada dua juta tahun lalu sudah menguasai teknologi atom dan menggunakan sumber nuklear sama ada sebagai sumber tenaga untuk kegunaan harian atau peperangan.
5. Kanta optic
Di lokasi
sama dengan penemuan bateri kuno di Baghdad, Iraq; turut ditemui kanta optik
purba yang dihasilkan kira-kira 2,200 tahun lalu.
Kanta purba sebesar kira-kira dua ibu jari itu dijumpai dengan bahagian kacanya sedikit retak. Sebelum penemuan menggemparkan itu, kanta dikatakan pertama kali dihasilkan di Eropah pada abad ke-16. Bagaimanapun penemuan kanta kuno itu menunjukkan masyarakat purba sudah lama mengetahui kaedah menghasilkan kanta serta mengaplikasikannya dalam kehidupan.
Kanta purba sebesar kira-kira dua ibu jari itu dijumpai dengan bahagian kacanya sedikit retak. Sebelum penemuan menggemparkan itu, kanta dikatakan pertama kali dihasilkan di Eropah pada abad ke-16. Bagaimanapun penemuan kanta kuno itu menunjukkan masyarakat purba sudah lama mengetahui kaedah menghasilkan kanta serta mengaplikasikannya dalam kehidupan.
6. Kendaraan pada Ukiran Purba
Ukiran purba
ditemui di sebuah kuil Kerajaan Mesir Purba di Abydos, Mesir menunjukkan gambar
kenderaan yang wujud pada zaman ini walaupun ukiran itu dianggarkan dihasilkan
lebih 3,000 tahun lalu.
Gambar berkenaan yang jelas
kelihatan adalah helikopter, kapal selam, bot dan pesawat. Pada 1898, di sebuah
makam kuno berusia kira-kira 2,200 tahun di Saqquara, Mesir, replika pesawat
yang formatnya mirip dengan pesawat terbang modern ditemui.
Teknologi di
Zaman Modern
1. Telepon
Selular
Ketika
telepon flip pertama diproduksi, banyak orang berkomentar bahwa Ponsel tersebut
tampak seperti komunikator dalam film Star Trek (1966). Itu bukan kebetulan.
Martin Cooper, penemu ponsel genggam pertama, bahwa gadget Kapten Kirk’s nifty
itu meng inspirasi seluruh konsep telepon portabel.
2. Kapal Selam
Kapal selam
sudah ada sejak Perang Saudara dan bahkan digunakan dalam pertempuran. Namun,
hal itu tidak sampai sebelum Jules Verne menerbitkan kisah klasik ” 20,000
Leagues Under the Sea” pada tahun 1870. kemudian para insinyur mulai
membayangkan lebih maju tentang kapal yang dapat menggali lebih dalam ke laut.
3. Satelit
Edward
Everett Hale penulis yang mengeksplorasi ide pertama dari sebuah satelit dalam
cerita pendek, “The Brick Moon,” tapi itu terkenal setelah penulis fiksi ilmiah
Arthur C. Clarke yang pertama kali mengusulkan satelit sebagai alat untuk
komunikasi massal. Dia menulis sebuah artikel pada tahun 1945 yang
menggambarkan perangkat komunikasi yang melayang di orbit untuk memberikan
kecepatan tinggi komunikasi global. Tujuh tahun kemudian, Sputnik diluncurkan.
4. PDA/ Pocket
Komputer
Pada tahun
1974, ketika sebagian besar komputer yang cukup besar mengisi seluruh kamar,
Larry Niven membayangkan sebuah versi berukuran saku dalam novelnya ” The Mote
in God’s Eye”. Dikisahkan “komputer saku” yang banyak digunakan untuk
perhitungan matematis dan mencatat, tapi dengan fungsi-fungsi komunikasi
mereka, Niven mungkin juga menggambarkannya sebagai Blackberry atau iPhone.
5. Bom Atom
Tidak sulit untuk membayangkan sebuah ledakan besar, tapi Robert Cromie (1856-1907) membayangkan sarana untuk melakukan hal yang akhirnya akan menjadi kenyataan. Dalam The krack of Doom, ia menulis tentang senjata yang menggunakan energi atom faktor resikonya memusnahkan hampir dua kilometer persegi tanah. Lebih dari empat dekade kemudian, Proyek Manhattan berjalan baik.
6. Internet
Buku William
Gibson, Neuromancer, sekaligus mengatur dasar bagi genre cyberpunk serta
internet (atau lebih tepatnya, World Wide Web). Dalam dunia dystopian, hampir
semua orang dapat mengakses jaringan komputer global yang menggunakan antarmuka
otak khusus, yang memungkinkan semua orang di planet ini untuk bertukar
informasi dengan cepat.
1.2 Dampak Perkembangan Perangkat TIK
Saat ini, teknologi informasi dan
komunikasi merupakan salah satu jenis dari bentuk teknologi yang berkembang
dengan sangat pesat. Melalui fitur andalannya yaitu internet, saat ini
teknologi komunikasi dan informasi seperti merupakan salah satu jenis teknologi
yang menduduki peringkat teratas, baik dari sisi positif, negatif, hingga
penggunaannya.
Memang sebagai sebuah teknologi yang
berkembang pesat, pastilah teknologi informasi dan komunikasi memiliki beberapa
kelebihan dan juga kelemahan. Ada yang disadari, dan ada juga yang mungkin
tidak disadari, karena sudah menjadi bagian dari kepribadian individu tertentu.
Berikut ini adalah dampak positif dan juga dampak negative yang bisa dirasakan
di dalam kehidupan sehari-hari.
Dampak Positif
1. Mempercepat Informasi
Arus informasi saat ini menjadi
sangat cepat, bahkan cenderung tidak terkontrol hingga saat ini. namun
demikian, hal ini merupakan salah satu dampak positif, karena dapat memberikan
informasi mengenai suatu kejadian secara cepat, meskipun terkadang tidak akurat
dan tidak tepat.
Arus informasi dengan feedback yang
merupakan karakteristik sistem informasi menjadi salah satu faktor
perkembangan informasi dan komunikasi yang tampak. Sehingga memberikan manfaat
tersendiri bagi setiap user. Terlebih terhadap internet, perkembangan jaringan komputer menjadi semakin pesat seiring penggunaan
internet yang kian meningkat.
2. Mempermudah
akses terhadap informasi terbaru
Merupakan salah satu efek domino dari bertambah cepatnya
arus informasi. Dengan adanya teknologi informasi dan komunikasi yang
berkembang sangat pesat, maka siapapun akan bisa memperoleh informasi dengan
mudah. Akses terhadap informasi ini bisa dilakukan kapanpun, dimanapun, dan
dari siapapun itu. Hal ini akan membantu individu dalam meningkatkan informasi
dan pengetahuan yang dimilikinya, meski terkadang realibilitas dan validitas
dari informasi tersebut dipertanyakan.
Hal ini menjadi penanda bahwa penggunaan internet untuk
berkomunikasi menjadi salah satu pilihan yang sangat diminati. Karena dapat
terhubung ke setiap orang dai belahan dunia manapun. Disinilah peranan manfaat jaringan komputer sebagai salah satu sumber
penggunaan internet menjadi lebih optimal.
3. Media Sosial
Media sossial juga merupakan dampak positif lainnya dari
perkembangan teknologi informasi dan kommunikasi. Media sosial dapat memberikan
banyak sekali manfaat, salah satunya adalah dapat mempertumakan individu dengan
orang baru, dan menambah relasi antar individu.
Sebagai contoh, salah satunya adalah facebook. Situs yang
cukup besar ini menjadi salah satu media sosial yang paling banyak orang
gunakan. Tidak hanya untuk menambah jaringan pertemanan di dunia maya, facebook
juga menjadi sarana promosi dalam bisnis. Manfaat facebook bagi user sangatlah berguna, terlebih untuk menjalankan
bisnis, baik itu bisnis kecil maupun bisnis besar.
4.
Membantu individu dalam mencari informasi
Dalam mencari informasi yang baru dan masih hangat, maka
teknologi informasi dan juga komunikasi sangat memegang peranan yang penting.
Dengan adanya arus informasi yang menjadi jauh lebih cepat, maka individu akan
menjadi lebih mudah dalam mencari informasi yang diinginkan.
Peranan internet terhadap prestasi belajar siswa menjadi salah satu momok yang cukup
diperhitungkan. Dalam hal ini siswa dapat mengeksplor pikiran dan bahan
pelajaran di sekolah mereka dengan mengakses informasi lebih luas dalam setiap
mata pelajaran. Sehingga siswa tersebut memiliki pikiran yang tak hanya
berlingkup dari sekolah saja tapi dari luar sekolah secara global.
5. Media
hiburan
Pemanfaatan dari teknologi informasi dan juga komunikasi
berikutnya adalah dalam hal hiburan. Teknologi informasi dan juga komunikasi
saat ini mendukung media hiburan yang sangat banyak ragamnya bagi setiap orang.
Contoh saja dari media hiburan berupa games, music, dan juga ideo, banyak orang
yang bisa hilang dan juga lepas dai stress karena hiburan yang ditawarkan oleh
perkembangan teknologi informasi dan komunikasi ini.
Fungsi teknologi dan informasi dan komunikasi juga dapat menjadi salah satu
pilihan hiburan yang cukup simple bagi beberapa orang. Tidak hanya sebagai
media informasi, penggunaan internet dapat menjadi salah satu hal pereganggan
pipkiran, contohnya dengan menonton video yang banyak tersebar di internet.
Akan tetapi perlu di noted bahwa ajang hiburan ini
sebagai hal positif untuk menghilangkan suntuk semata bukan untuk mengakses
konten negatif yang membawa dampak buruk bagi user.
6.
Mempermudah komunikasi dengan individu lainnya yang
jauh
Komunikasi merupakan salah satu hal yang paling utama yang
harus dijalin oleh manusia, sebagai makhluk sosial. Dengan adanya teknologi
informasi dan juga komunikasi, maka saat ini untuk dapat berkomunikasi dengan
orang lain menjadi jauh lebih mudah. Apabila pada jaman dulu kita harus
menunggu berhari-hari menggunakan pos, maka saat ini, dengan perkembangan
teknologi informasi dan komunikasi, kita bisa mengirim pesan dalam waktu
hitungan detik, dengan cepat dan juga mudah.
Ini menjadi salah satu faktor pendorong penyebab teknologi komputer berkembang cepat. Chatting menjadi hal yang
favorit bagi sebagian orang, terlebih saat ini penggunaan smartphone semakin
meningkat di semua kalangan.
7. Sharing
dan berbagi file
File dan juga dokumen saat ini sudah merupakan kebutuhan
dari setiap orang. Baik dari file music ataupun dokumen penting, bisa dibagikan
dengan menggunakan internet yang merupakan produk dari teknologi informasi dan
juga komunikasi. Setiap user dapat saling membagikan file dan dokumen
dengan mudah, bahkan kita saat ini bisa menyimpan file yang kita miliki dengan
mudah di dalam cloud storage, atau media penyimpanan di dalam
internet.
Kegiatan membagikan file ke user tujuan tentunya memerlukan
security yang cukup aman agar data yang di share tetap rahasia hingga user yang
dimaksud menerima. Cara menjaga keamanan jaringan komputer perlu diperhatikan agar data yang
dibagikan tetap terjaga.
8.
Memiliki banyak dampak positif dalam dunia
pendidikan
Dampak lainnya yang paling terasa dari perkembangan
teknologi informasi dan komunikasi adalah dalam bidang pendidikan. Materi
pelajaran dan segala hal yang berhubungan dengan pendidikan akan menjadi lebih
mudah untuk diakses dan diperoleh. Sehingga hal ini pun akan membantu
meningkatkan efektivitas dan juga efisiensi dari kebutuhan pendidikan itu
sendiri bagi tiap individu di dalam kehidupan sehari-hari.
Inilah manfaat mempelajari ilmu komputer yang dapat digunakan untuk membantu
menyelesaikan tugas sekolah maupun tugas kuliah. Peranan teknologi memang tak
dipungkiri juga turut andil dalam perkembangan dunia pendidikan yang lebih
luas, dan lebih maju untuk kedepannya.
9. Sebagai lokasi untuk bisinis jual
beli
Saat ini, muncul banyak lapangan pekerjaan baru yang
dihasilkan berkat adanya perkembangan teknologi informasi dan juga komunikasi,
yaitu online shop dan juga bisnis online. Hal ini menggeser kedigdayaan
penjualan barang melalu toko fisik, karena dianggap lebih murah, praktis dan
juga lebih efisien dari segi pemasaran produknya.
Dengan adanya toko online ini, maka semakin banyak
meningkatkan lapangan pekerjaan, dimana orang yang tadinya tidak memiliki
pekerjaan akhirnya bisa memiliki pekerjaan dengan berjualan online. Disinilah fungsi sistem informasi dibutuhkan, juga bisa menggunakan
media komunikasi online sebagai sarana mempromosikan bisnis.
10. Membantu menyelesaikan masalah
dengan mudah
Teknologi informasi dan juga komunikasi ternyata juga
memiliki dampak yang positif dalam hal penyelesaian masalah. Dengan komunikasi
yang menjadi lebih baik dan juga arus informasi yang cepat, maka teknologi
informasi dan juga komunikasi dapat menjadi solusi bagi masalah anda
Dampak Negatif
Meskipun memiliki banyak dampak
positif, akan tetapi ternyata teknologi informasi dan komunikasi memiliki
beberapa dampak negatif yang cukup mengganggu kehidupan sehari-hari. Kebanyakan
dampak tersebut disebabkan karena penyalahgunaan dari teknologi informasi dan
komunikasi, ataupun disebabkan karena kurangnya pemahaman user akan etika dan
juga cara untuk menggunakan teknologi informasi dan juga komunkasi dengan baik
dan juga benar.
Berikut ini adalah beberapa dampak
negative dari teknologi informasi dan juga komunikasi:
1.
Individu
menjadi malas untuk bersosialisasi secara fisik
2.
Meningkatnya
penipuan dan juga kejahatan cyber
3.
Cyber
Bullying
4.
Konten
negative yang berkembang pesat
5.
Fitnah
dan juga pencemaran nama baik secara luas
6.
Menjauhkan
yang dekat
7.
Mengabaikan
tugas dan juga pekerjaan
8.
Mebuang-buang
waktu untuk hal yang tidak berguna
9.
Menurunnya
prestasi belajar dan juga kemampuan bekerja seseorang
2. SUMBER
Tidak ada komentar:
Posting Komentar